Berita UMKM

Bimbingan Teknis Pendugaan Masa Kadaluarsa Produk Pangan RKB Banjarbaru

img
        Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang dibutuhkan setiap saat dan memerlukan pengelolaan yang baik dan benar agar bermanfaat bagi tubuh. Beraneka ragam bentuk makanan jajanan yang dijual atau yang beredar dipasaran menyebabkan masayarakat kini lebih hati-hati untuk menentukan jenis makanan apa yang akan dikonsumsinya. Selain cita rasa, mereka juga mulai mempertimbangkan efek dari makanan tersebut untuk kesehatan dalam jangka panjang, serta dampak dari proses produksi makanan tersebut terhadap kelestarian lingkungan.

        Banyak sekali produk makanan dalam kemasan yang dijual dipasaran yang masih belum begitu memperhatikan tentang perlindungan konsumen seperti halnya adalah belum memiliki label kadaluarsa pada produk makanan tersebut. Padahal hal tersebut sangat bertentangan dengan anjuran yang ada dalam Undang-undang. Di Indonesia, Peraturan mengenai penentuan umur simpan bahan pangan terdapat dalam UU Pangan No. 7 tahun 1996 dan PP No. 69 tahun 1999  dan UU Pangan No. 7 tahun 1996 Salah satu komponen yang wajib ada dalam label tersebut adalah tanggal, bulan dan tahun kadaluarsa.   Berkaitan dengan hal diatas, sebagai pelaku usaha harus memperhatikan umur pakai produk yang dijual. Hal tersebut berdampak pada kepuasan konsumen dan hak perlindungan konsumen terhadap produk yang dibeli.

        Adanya kesadaran terhadap pentingnya informasi kadaluarsa, membuat RKB Banjarbaru berinisiatif untuk melakukan Bimbingan Teknis Pendugaan Masa Kadaluarsa Produk Pangan yang telah dilaksanakan pada hari Senin, 25 Maret 2019 bertempat di ruang Zona Belajar dan Berbagi RKB Banjarbaru pada pukul 14.00 s.d. 16.30 WITA. Pelatihan ini dihadiri oleh 30 peserta yang merupakan pelaku usaha mitra binaan yang baru memulai usaha. Pemateri yang hadir dalam kegiatan tersebut berasal dari Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM Kota Banjarbaru, yaitu Sdr. Septian Dwi Cahyo, SE. dan Sdr. Rizla Syahrianoor, SP.

        Tujuan dari pelatihan tersebut agar pelaku usaha kuliner mitra binaan RKB Banjarbaru memahami dasar hukum tentang penentuan umur simpan bahan pangan dan pelaku usaha mendapatkan wawasan dan kesadaran mengenai pentingnya mencantumkan umur simpan / expired pada produk pangan dan faktor yang dapat menentukan umur simpan suatu produk.

        Para peserta diberikan informasi mengenai regulasi dasar hukum umur simpan produk pangan, definisi umur simpan, pentingnya mencantumkan umur simpan pada produk pangan dan faktor penentu umur simpan suatu produk. Selain itu, peserta juga diberikan pengetahuan mengenai macam-macam pengujian untuk menguji masa simpan produk dan cara pendugaan umur simpan produk.

        Tidak hanya berhenti di pelatihan, para peserta juga akan dilakukan observasi atau kunjungan ke tempat usaha, untuk mengetahui apakah mitra binaan sudah menerapkan pencantuman masa simpan pada produk pangan yang diolah. Selain itu, RKB Banjarbaru juga akan melakukan penilaian tentang kebutuhan mitra binaan melalui pendampingan konsultasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelaku usaha.

Anda Harus masuk untuk bisa berkomentar, siahkan Masuk atau Daftar

Didukung oleh :