Berita UMKM

Bimbingan Teknis Pengembangan Produk Berorientasi Konsumen RKB Banjarbaru

img

        Strategi pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Baik peluang usaha baru maupun usaha yang telah lama dirintis, baik usaha kecil maupun usaha yang telah berkembang sekalipun, semua usaha membutuhkan strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Pentingnya penentuan sasaran pasar menuntut untuk dilakukannya segmentasi pasar dengan suatu dasar segmentasi yang tepat dan berguna bagi perencana strategis pemasarannya. Segmentasi pasar akan mempermudah pembeli dalam mencari produk yang diinginkan sesuai dengan pengelompokkan pasar yang dilakukan oleh penjual.

        Selanjutnya, orientasi pasar yang merupakan salah satu strategi pemasaran juga berpengaruh terhadap peningkatan pasar. Orientasi pasar tidak tergantung pada penjualan tapi lebih pada keinginan konsumen dalam memilih produk yang disukai. Usaha akan lebih meningkat apabila pemahaman strategi pemasaran dikuasai mulai dari rencana usaha, pemilihan segmentasi usaha, optimalisasi ide kreatif sampai strategi pemuas kebutuhan konsumen terhadap barang yang ditawarkan oleh penjual.

        Dasar tersebut yang membuat RKB Banjarbaru melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pembangunan Produk Berorientasi Konsumen yang telah dilaksanakan pada hari Selasa, 26 Maret 2019 di ruang Zona Belajar dan Berbagi RKB Banjarbaru dari pukul 14.00 s.d 17.00 WITA. Pemateri yang hadir dalam kegiatan tersebut berasal dari Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM Kota Banjarbaru, yaitu Sdr. Rizla Syahrianoor dan Sdri. Rika Emelya. Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah 30 orang yang berasal dari pelaku usaha mitra binaan yang baru memulai usaha.

        Adapun materi yang diberikan kepada pelakun usaha yaitu menyusun strategi perencanan usaha, bauran pemasaran yang meliputi 4P (Product, Promotion, Price, dan Place), dan penjelasan mengenai pengembangan produk kreatif dengan memperhatikan orientasi konsumen. Selain itu, materi yang diberikan juga berupa segmentasi pasar, analisis pelaku konsumen terhadap suatu produk dan bagaimana strtegi pemumas kebutuhan konsumen.

        Tujuan dari kegiatan tersebut agar pelaku usaha mitra binaan RKB Banjarbaru dapat memahami pembuatan rencana strategi bisnis dan para pelaku usaha mendapatkan wawasan tentang orientasi pasar dan strategi pemuas kebutuhan konsumen. Tindak lanjut setelah pelatihan, yaitu RKB Banjarbaru akan melakukan observasi atau kunjungan ke tempat usaha peserta kegiatan dan melakukan penilaian tentang kebutuhan mitra binaan melalui pendampingan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelaku usaha.

Anda Harus masuk untuk bisa berkomentar, siahkan Masuk atau Daftar

Didukung oleh :