Berita UMKM

RKB Pekalongan sebagai Rumah Batik Indonesia

img
Pekalogan - Dir SP Achmad Sugiarto mengunungi Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Pekalongan untuk mencanangkan Perluasan New Sales Channel Rumah Kreatif BUMN (RKB) dengan menetapkan RKB Pekalongan sebagai Rumah Kreatif Batik Indonesia disambut oleh ekosistem UKM yang ada di Pekalongan, Jumat (30/8). UKM Pekalongan bersedia mendukung dan mengajak industri batik di Pekalongan untuk membuka halaman khusus Batik Indonesia di Blanja dengan kurasi yang dilakukan oleh penggiat batik setempat.
Rumah Kreatif BUMN (RKB) sampai saat ini sudah berdiri selama 3 tahun sejak diresmikan oleh Menteri BUMN pada 27 Oktober 2016 di Labuan Bajo. RKB didirikan di 216 lokasi di seluruh Indonesia oleh 14 BUMN dengan jumlah UKM binaan lebih dari 500.000 UKM yang melisting hampir 30.000 produknya di Blanja. Pekalongan menjadi salah satu Kota terpilih pembangunan RKB yang dikelola oleh Telkom, saat ini memiliki binaan aktif (terdaftar) sebanyak 267 UKM dan telah menjual produknya secara online di Blanja, sementara UKM lain di Pekalongan bergabung melalui pelatihan yang diadakan oleh RKB.
Telkom sebagai salah satu BUMN yang ikut membangun 46 lokasi RKB di Indonesia telah membina 10.000 lebih UKM dan menjual produknya secara online di Blanja. Pembinaan UKM dilakukan mulai dari modernisasi produksi UKM, digitalisasi proses UKM, dan menjual produk UKM secara online di Blanja, serta beberapa kali ikut serta dalam event internasional dengan membawa UKM unggulan binaan Telkom ke kancah global.
RKB Pekalongan saat ini memperbesar skala UKM binaannya dengan melakukan kerjasama sinergi perluasan New Sales Channel antara UKM dengan Blanja, Koperasi dibawah pengelolaan pegawai Telkom, dan PT POS. Ekosistem UKM Pekalongan sendiri sudah terbentuk dengan terjalinnya pelatihan bersama antara RKB dengan Kemenko Ekonomi, Dinas Koprasi, Direktorat Jenderal Pajak, maupun industri terkait kepada UKM di Pekalongan.
Inovasi New Sales Channel ini terdiri dari, pembukaan Gerai RKB sebagai etalase produk UKM yang transaksi pembeliannya bisa dilakukan secara online di lokasi RKB memakai QR Blanja yang terpasang pada produk UKM, dan dapat dibayar memakai beberapa metode pembayaran seperti LinkAja, Transfer Bank, dan Kartu Kredit. Sementara produk UKM yang dibeli tadi, dapat diambil langsung secara offline di lokasi RKB.
Inovasi lainnya, dilakukan dengan kerjasama Blanja dan PT Pos Indonesia untuk sinergi logistik, kedepannya barang UKM RKB yang dibeli melalui Blanja dapat dibayar menggunakan jasa COD (Cash On Delivery) yang disediakan oleh PT POS. Telkom turut berkontribusi membuka peluang kerjasama offtaker UKM Binaan RKB dengan Koperasi Pegawai Telkom yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia, sebanyak 14 Koperasi di wilayah Joglosemar turut menandatangani komitmen tersebut.
Anto berharap bahwa RKB Telkom Pekalongan dapat menjadi embrio pusat bisnis UKM yang mendukung peningkatan skalabilitas UKM di Pekalongan dan menjadi percontohan bagi RKB lain yang akan menerapkan inovasi serupa kepada UKM binaannya sehingga UKM Indonesia bisa lebih mandiri dan siap melaju di pasar Global, mendukung perekonomian Negara.

Anda Harus masuk untuk bisa berkomentar, siahkan Masuk atau Daftar

Didukung oleh :