Wirausaha

Rumah Kreatif BUMN Meningkatkan Kualitas UMKM Melalui Penggunaan Aplikasi Digital

img

rkb.id - Rumah Kreatif BUMN terus berusaha meningkatkan para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) naik kelas dan meningkatkan kesejahteraan dengan berbagai macam solusi, salah satunya penggunaan aplikasi digital. Disamping sisi pendampingan dan akses permodalan, edukasi aplikasi juga sangat penting untuk mempermudah pemasaran dan managemen usaha masing-masing pelaku UMKM.

Senior Manager (OSM) RKB Telkom, Sabri Rasyid menjelaskan, aplikasi digital saat ini merupakan alat yang bisa dipakai untuk mempermudah penjualan produk-produk UMKM. "Jadi, memanfaatkan teknologi digital ini sudah menjadi sebuah keharusan, untuk meningkatkan posisi UMKM, baik untuk penjualan, produksi, dan lain-lain." kata beliau pada jatimmedia.com, Selasa (10/3/2020). Acara ini dihadiri oleh 20 peserta pelaku UMKM binaan RKB Mandiri Surabaya sekaligus sinergi event dengan RKB Telkom untuk mesosialisasikan produk digital yakni Bonum, Qren, dan Sakoo.

Bonum merupakan aplikasi POS (Point of Sales) atau kasir online yang memberikan kemudahan dan efisiensi para UMKM dalam mencatat keuangan dan managemen SDM. Untuk info lengkapnya silahkan klik link berikut ini https://bonum.id/

Qren merupakan layanan yang menghubungkan penjual (merchant) dengan penerbit alat bayar (issuer) untuk memberikan kemudahan bagi user untuk bertransaksi secara mobile menggunakan teknologi QR (Quick Response) Code. Untuk lebih jelasnya klik link berikut https://qren.id/

Sakoo menyediakan solusi pengelolaan toko digital yang simpel dan memungkinkan pemilik bisnis melakukan kegiatn operasional, sales, marketing, hingga pengeloaan pelanggan, hanya melalui satu platform. Untuk lebih detailnya silahkan klik link berikut https://sakoo.id/

"Kalau semua sudah berjalan, maka giliran UMKM yang memiliki produk-produk unggulan untuk didorong agar bisa mengekspor hasil karyanya, melalui program Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global," jelas Sabri Rasyid.

Sementara Ciput Gatot, Solution Manager Telkom menegarai bahwa "Dengan aplikasi-aplikasi ini (Bonum, Qren, Sakoo) UMKM akan dimudahkan dalam managemen keuangan, pemasaran, dan SDM," terang beliau.

Dikesempatan yang sama, Supervisor RKB Mandiri Surabaya mengaku siap mendukung semua kegiatan positif bersama Telkom demi kemajuan UMKM Jawa Timur dan seluruh Indonesia. Fasilitator RKB Telkom yang diwakili 18 orang dari 9 daerah se Jawa-Bali diharapkan dapat mensosialisasikan dan mengedukasi UMKM masing-masing daerah tentang aplikasi ini sehingga tujuan awal UMKM naik kelas bisa terealisasikan.   


Anda Harus masuk untuk bisa berkomentar, siahkan Masuk atau Daftar

Didukung oleh :